IMUNISASI BISA DIDAPATKAN DI POSYANDU LHO! UPTD Puskesmas Tenggarang berikan imunisasi di Posyandu Wilayah Kerja

Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memasukkan vaksin, yakni virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, dibunuh, atau bagian – bagian dari bakteri (virus) tersebut setelah di modifikasi. Ada lima jenis imunisasi yang diberikan secara gratis di posyandu, yang terdiri dari imunisasi Hepatitis B, BCG, Polio, DPT-HB-Hib, IPV, PCV, ROTAVIRUS  serta Meassles Rubella (MR). Semua jenis vaksin ini harus diberikan secara lengkap sebelum anak berusia satu tahun diikuti dengan imunisasi lanjutan pada BADUTA.

Kegiatan Imunisasi di POSYANDU bagi bayi maupun BADUTA merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan. Selain untuk meningkatkan cakupan imunisasi secara cepat didesa, Imunisasi merupakan upaya efektif untuk mencegah terjadinya penyakit yang bisa di cegah oleh imunisasi.

Adapun tujuan dari imunisasi adalah untuk meningkatkan cakupan imunisasi secara cepat di desa yang cakupannya rendah dan drop out rate tinggi, melengkapi status imunisasi dasar lengkap dan lanjutan pada bayi dan BADUTA, mencapai status UCI Desa 100% di wilayah kerja Puskesmas Tenggarang.

Pada hari Senin, 12 Agustus 2024 telah dilaksanakan Pelayanan Imunisasi di Posyandu Anggrek 1 Kelurahan Tenggarang dan Posyandu Teratai 1 desa Gebang Kecamatan Tenggarang. Adapun sasarannya adalah Bayi, BADUTA, WUS Hamil  yang tiba waktunya untuk di imunisasi. Dan bila ada yang tidak hadir maka akan dilakukan Sweeping oleh bidan di desa bersama kader Posyandu.

                                                                                   Pelayanan Imunisasi di Posyandu Anggrek 1, Tenggarang
                                                                                Pelayanan Imunisasi di Posyandu Teratai 1, Gebang

Dengan Kegiatan ini diharapkan bayi , BADUTA dan WUS ibu hamil mendapatkan Imunisasi dasar lengkap dan Imunisasi lanjutan sehingga semua BALITA dan WUS BUMIL mempunyai kekebalan terhadap Penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Share Berita Ini