Imunisasi itu baik, Imunisasi itu Pasti. UPTD Puskesmas Tenggarang memberikan Layanan Imunisasi Program Nasional, GRATIS !!

(Tenggarang, 02/08/2024) Imunisasi adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan memberikan “vaksin” sehingga terjadi imunitas (kekebalan) terhadap penyakit tersebut. Vaksin adalah jenis bakteri atau virus yang sudah dilemahkan atau dimatikan guna merangsang sistem imun dengan membentuk zat antibodi di dalam tubuh. Antibodi inilah yang melindungi tubuh di masa yang akan datang. Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan/meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif  terhadap suatu penyakit sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan (Permenkes No.12 Tahun 2017).  

Perbedaan Vaksin, vaksinasi dan imunisasi :

  • Vaksin adalah Zat yang mengandung antigen dari virus atau bakteri spesifik yang telah dilemahkan atau dimatikan.
  • Vaksinasi adalah Proses memasukkan vaksin ke dalam tubuh untuk merangsang sistim imun ( Caranya ada yang dengan di suntikkan, diteteskan ke mulut )
  • Imunisasi adalah suatu proses di dalam tubuh setelah pemberian vaksin, sistim kekebalan tubuh akan bereaksi dengan membangun proteksi berupa antibody untuk mencegah infeksi di masa mendatang.

UPTD Puskesmas Tenggarang memberikan pelayanan imunisasi secara Gratis untuk masyarakat. Poli Imunisasi adalah poli yang melaksanakan pelayanan Imunisasi untuk Bayi, Balita, Wanita Usia subur, Calon Pengantin, Ibu Hamil, Calon Jemaah Haji / Umroh dan masyarakat lain yang membutuhkan imunisasi tertentu. Adapun tujuan dari untuk mendapatkan imunitas atau kekebalan secara individu. Koordinator Imunisasi Puskesmas Tenggarang, Ibu Iswati Sulaiha, AMd.Keb.,S.KM mengajak masyarakat datang ke Posyandu, Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat baik untuk melengkapi imunisasi dasar dan lanjutan anak maupun bagi Wanita Usia Subur.

Adapun jadwal pelayanan imunisasi di UPTD Puskesmas Tenggarang:

 

 

 

 

 

Share Berita Ini