Pentingnya Menjaga Kepuasan Pasien! Tim Mutu Yankes melakukan Pembinaan, Monitoring dan Evaluasi di UPTD Puskesmas Tenggarang

Dewasa ini masalah kesehatan telah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan kualitas kesehatan. Hal ini menuntut penyedia jasa pelayanan kesehatan seperti puskesmas, pustu dan ponkesdes untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, tidak hanya pelayanan yang bersifat penyembuhan penyakit tetapi juga mencakup pelayanan yang bersifat pencegahan (promotif dan preventif) untuk meningkatkan kualitas hidup serta memberikan kepuasan bagi konsumen selaku pengguna jasa kesehatan. Pelayanan kesehatan yang paripurna merupakan faktor penting dalam mencapai kepuasan pasien.

Dalam rangka peningkatan mutu layanan kesehatan dan keselamatan pasien di Puskesmas, Pustu dan Ponkesdes, Hari Sabtu tanggal 03 Agustus 2024 Tim Mutu Yankes yang diketuai oleh Ibu Tri Yuni Kuswandari, S.ST, M.Kes., selaku Sub Koordinator Pelayanan Kesehatan Primer melakukan pembinaan sekaligus monitoring dan evaluasi terhadap mutu pelayanan di UPTD Puskesmas Tenggarang. Acara di buka oleh sambutan Kepala Puskesmas Tenggarang, drg. Yudi Suindianto, M.M dan di ikuti oleh seluruh Tim Mutu Puskesmas.

Kegiatan dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi terhadap Tim Mutu Puskesmas oleh Tim Dinkes. Berdasarkan kesepakatan Tim Mutu Dinkes dan Puskesmas akan dilaksanakan kegiatan "Jumat Bersih" untuk meningkatkan kebersihan dan kerapian di puskesmas.

Selain melakukan pembinaan di puskesmas, Tim Mutu Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso juga berkunjung ke Pustu dan Ponkesdes Di wilayah Kerja UPTD Puskesmas Tenggarang, yaitu Pustu Lojajar, Ponkesdes Dawuhan dan Koncer Darul Aman. Rangkaian acara kunjungan dalam rangka pembinaan, monitoring dan evaluasi berjalan lancar hingga akhir acara.

 

Share Berita Ini